Baby and Kids Spa
by mom n jo

"Tips menghentikan kebiasaan mengompol pada anak"

Bedwetting atau mengompol pada anak usia sampai dengan 5 tahun adalah normal dan tidak perlu penanganan khusus. Bedwetting biasanya disebabkan karna adanya gangguang pada kandung kemih yang menyebabkan pelepasan urin yang tidak terkontrol malam hari ketika mereka tidur. Masalah ini adalah umum dan terjadi tanpa disadari, dialami oleh hampir semua anak-anak.

Kemampuan setiap anak berbeda dalam hal menahan dirinya untuk tidak mengompol dimalam hari ketika tidur. Setiap anak membutuhkan waktu yang berbeda pula untuk melatih diri untuk tidak mengompol. Biasanya anak laki-laki cenderung lebih lama untuk berhenti dari kebiasaan mengompol, bahkan ketika memasuki usia sekolah masih banyak anak-anak yang masih mengalami kebiasaan ngompolnya.

Hal ini kadang mebuat orang tua frustrasi karna harus mengganti alas kasur setiap hari atau harus meletakkan perlak sebagai alas tidur untuk anaknya. Dari segi si anak, hal ini juga berdampak membuat mereka malu dan merasa bersalah.

Yang paling penting adalah jangan memarahi mereka, karna ngompol terjadi tanpa disadari dan bukan kesalahan mereka. Jangan menghukum mereka jika anda mendapati anak masih ngompol.

Berikut ini adalah penyebab anak anda mengompol dimalam hari :

1. Keturunan.
Anak memiliki kebiasaan ngompol jika dulunya orang tua memilik riwayat yang sama.
2. Tidur lelap.
Ketika anak tidur lelap, maka seluruh otot tubuh akan mengalami relaksasi maksimal, sehingga anak sulit untuk mengontrol pelepasan urin nya.
3. Gangguan pada kandung kemih.
Kebiasaan ngompol juga bisa terjadi jika ada gangguan pada kandung kemih, misalnya anak anda memiliki kapasitas kandung kemih yang lebih kecil dari pada anak lain seusianya
4. Keterlambatan perkembangan sistem saraf.
Adanya keterlambatan perkembangan saraf pada sistem urinaria anak juga bisa menyebabkan pelepasan urin yang tidak terkontrol dan menyebabkan anak memiliki kebiasaan mengompol

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada anak :
1. Batasi banyak cairan yang mereka konsumsi malam hari sebelum tidur, terutama jika pada pagi dan siang hari anak anda sudah mengkonsumsi banyak cairan.
2. Ajarkan anak anda untuk minum dan buang air secara teratur disiang hari, kebiasaan ini akan mengurangi resiko mereka mengompol dimalam hari.
3. Pastikan mereka untuk buang air kecil menjelang waktu tidurnya dimalam hari.
4. Pasang alarm pada malam hari, bangunkan anak anda dan ajak mereka kekamar mandi untuk menyuruhnya buang air kecil.
5. Berikan sugesti pada anak,segera bangun dan pergi kekamar mandi jika mereka merasa ingin buang air ketika tidur
6. Buat perjanjian sederhana dengan anak anda, misalnya jika mereka berhasil tidak mengompol, mereka akan mendapatkan hadiah, hal ini akan mensugesti anak untuk menghentikan kebiasaan ngompolnya.
7. Pemakaian diapers untuk masih bisa dilakukan pada malam hari menjelang tidurnya jika anak masih sulit menghentikan kebiasaan ngompolnya.
8. Some children are afraid to get up at night. A night light or potty in their room can help. #DealingWithBedwetting
9. Make sure your child goes to the toilet immediately before going to bed and don’t give him drinks for an hour before bedtime.